oleh

Komisi Media PWNU DIY dan UNU Gelar Diklat Jurnalistik

YOGYA (NUJogja).- Komisi Media Pengurus Wilayah Nahdlatul ‘Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PWNU DIY) bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul ‘Ulama (UNU) Yogyakarta mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik di Kampus UNU Jalan Lowanu Umbuharjo Yogyakarta, Sabtu (7/9). Kegiatan dibuka Wakil Ketua PWNU DIY, Prof Dr KH Makhrus Munajat.

Abulaka Archaida (ketua panitia), kegiatan menjadikan kader Nahdlatul Ulama’ memahami dan menguasi media. Selain itu juga untuk memperkuat gerakan wacana Islam Rahmatal Lil ‘Alamiin melalui media dan menyiapkan generasi muda Nahdlatul Ulama’  menjadi pejuang media di era digital ini.

Materi diklat terdiri Pengantar Jurnalistik, Teknis Penulisan Berita, Manajemen Pengelolaan Media Online dan Manajemen Konten dan Pengelolaan Media Sosial. Sebagai narasumber Drs H Ahmad Lutfi MA (Ketua Komisi Media PWNU DIY dan Wartawan Senior KR), Hazwan Iskandar Jaya (Ketua Komisi Informasi DIY), Syukron Arif Muttaqin (Wartawan Radar Jogja/anggota DPRD DIY) dan Muchammad Yasir Arafat (Aktivis Medsos).

Pesertanya terdiri wakil dari  PCNU se-Kab/ Kota se-DIY, wakilan seluruh badan otonom NU Tingkat DIY (Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU ditambah dari PMII) serta wakil mahasiswa UNU Yogyakarta.

Wakil Ketua PWNU DIY, Prof Dr KH Makhrus Munajat SH Mhum mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Guru Besar Fakultas Syariah UIN Suka ini, pengaruh media massa sangat luah. Sejumlah kericuhan atau kegaduhan selama ini di antaranya dipicu oleh pemberitaan di media massa. “Karena itu kita harus memanfaatkan media massa untuk kepentingan positif,” katanya.

Hal senada disampaikan Dr Senawi, Wakil Rektor UNU yang membidangi kemahasiswaan. Menurutnya, lembaga pendidikan tinggi seperti UNU juga membutuhkan pemberitaan di media massa untuk menyampaikan reputasi. Karena itu pihaknya mendukung kegiatan diklat jurnalistik ini. (Fie)

Baca Juga   Kapolda DIY Ingatkan Filosofi Sawo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed