by

PWNU DIY Serukan Jangan Kotori Pemilu

NUJogja – Pemilu tahun 2019 harus dipastikan berjalan dengan aman, sejuk dan damai. Untuk itu tidak boleh mengotori Pemilu dengan politik uang, penyebaran hoax dan fitnah yang berpotensi memecah ukhuwah wathoniyah (persaudaraan antarwarga negara).

Demikian di antara poin Deklarasi Pemilu Damai PWNU DIY pada pembukaan rapat pleno di Omah PMII Karangjambe Janti Banguntapan Bantul, Sabtu (9/3). Pembacaan deklarasi dipimpin KH Dr Hilmy Muhammad (pengurus Syuriah PWNU DIY) disaksikan Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, Danrem 027 Pamungkas Brigjen TNI M Zamroni dan pengurus cabang NU se-DIY.

Selain itu, PWNU DIY juga menyerukan masyarakat agar terlibat dan berpartisipasi aktif selama penyelenggaraan Pemilu untuk meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia serta menghasilkan pemimpin yang legitimate. Juga agar memanfaatkan Pemilu untuk memilih putra -putri terbaik sebagai pemimpin bangsa.

PWNU DIY juga mendukung sepenuhnya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelenggarakan Pemilu secara LUBER dan JURDIL serta sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

“Semoga Pemilu berjalan lancar, sejuk dan damai serta menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang legitimate dan amanah serta mampu membawa bangsa Indonesia yang lebih kuat, berdaulat, adil makmur dan sejahtera, ” pungkasnya.

Sementara itu Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengungkapkan, meski kampanye masih bersifat tertutup, tetapi di DIY sudah terjadi 17 kali konflik massa. Dikhawatirkan saat kampanye terbuka pada 24 Maret sampai 13 April mendatang jumlah konflik bertambah. Karena itu pihaknya ingin membangun sinergi dengan semua komponen terkait. “Deklarasi Pemilu Damai seperti ini merupakan upaya mengantisipasi terjadinya konflik,” katanya.

Sedang Danrem 072 Pamungkas Brigjen TNI M Zamroni menilai, kualitas nasionalisme para kader NU tak perlu diragukan. Kader NU tidak mungkin radikal bahkan rohmatan lil ‘alamin. “Kader NU bisa jadi andalan NKRI, ” kata Brigjen M Zamroni yang bapaknya seorang aktifis PMII. (Fie)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed