by

Mahasiswa UMY Observasi Lazisnu

NUJogja – Pada Sabtu 23 Desember 2017, Lembaga Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (NU CARE-LAZISNU) Kabupaten Bantul menerima kunjungan  Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Terdiri Ketua tim Lale Yomi Safitri ditemani Rista Dwi Cahyawati dan Yunita Ratna D.C. Ketiganya mahasiswa tersebut dari jurusan yang sama, yaitu jurusan Ekonomi perbangkan Islam.

Lale Yomi Safitri mengatakan, kunjungan untuk melakukan observasi terhadap lembaga berbasis filantropi dan pengaruhnya terhadap perekonomian masyarakat. “Kami melihat potensi tersebut berkaitan dengan NU Care Lazisnu Kab Bantul. Hal ini bagian dari tugas kampus UMY adapun tindak lanjutnya akan observasi di kecamatan Sewon yang sudah memiliki klinik hasil dari UPZIS MWC Sewon dan UPZIS MWCNU Piyungan juga sudah berjalan dengan adanya mobil ambulan dari hasil Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU),” katanya.  

Direktur NU Care Lazisnu Kab. Bantul, Ust. Rustam Nawawi, S.Pd.I mengatakan sangat mendukung penuh dan memfasilitasi kebutuhan tim observasi  mahasiswa dari UMY yang ingin mengenal filantropi di NU Care Lazisnu Kab Bantul lebih dalam dan akan memberikan dukungan penuh dan siap tersebut.  

Sebagaimana sejarah mencatat gerakan  filantropi pertama kali pada tahun 1918 yang dipelopori oleh KHM Hasyim Asy’ari, KH Wahab Hasbullah, KH Bisri Syansuri,dan KH Masykur  dengan menggalang 40 pengusaha. Mereka kemudian membentuk organisasi bernama Nahdlatut Tujjar.

“Sedang keberadaan kami (NU Care Lazisnu Bantul) zaman now hanya wajah baru  dari gerakan filantropi yang sudah diplopori  para pendiri NU zaman dahulu tersebut,” kata Rustam.

Lembaga NU Care Lazisnu Bantul intens melakukan sosialisasi filantropi melalui berbagia cara baik secara langsung di masyarakat dengan pengajian di Majlis Taklim, pengajian Remaja dan berkisah di TPA-TPA di daerah ataupun melalui media cetak. Seperti waktu memaksimalkan program GOZAK (Jemput Jakat, Infa’ dan Shaadaqoh), untuk program santunan anak yatim, pengobatan dan sampai pemberian hewan ternak kambing serta bakti sosial. Dengan harapan masyarakat dapat merasakan manfaat filantropi menuju kemandirian ummat. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed